Rabu, 09 Desember 2020

KEGIATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DI PUSKESMAS PADANG SELASA PALEMBNAG

 


Pada awalnya Puskesmas ini adalah Puskesmas Pembantu Rumah Sakit Siti Khadijah yang didirikan pada tahun 1984 dan baru pada bulan september tahun 1988 diresmikan menjadi Puskesmas induk, yaitu Puskesmas Padang Selasa Kota Palembang dan mempunyai dua Puskesmas Pembantu di kelurahan bukit lama dan puskesmas pembantu di kelurahan Bukit Baru.

Puskesmas Padang Selasa sejak pertama kali diresmikan menjadi puskesmas induk telah mengalami bebeerapa kali pergantian kepemimpinan puskesmas, yaitu:

1.       Sejak tahun 1988 s.d 1989 dipimpin oleh dr. Eddy Zakarly

2.       Sejak tahun 1989 s.d 1992 dipimpin oleh dr. Rahmiati

3.       Sejak tahun 1992 s.d 1993 dipimpin oleh dr. Yusmaniar

4.       Sejak tahun 1993 s.d 1994 dipimpin oleh dr. Ettie S

5.       Sejak tahun 1994 s.d 1996 dipimpin oleh dr. Sri Mariawati

6.       Sejak tahun 1998 s.d 2000 dipimpin oleh dr. Anton Swindro, M.Kes

7.       Sejak tahun 2000 s.d 2002 dipimpin oleh dr Novia Diana Roza

8.       Sejak tahun 2002 s.d 2004 dipimpin oleh dr. Salmah Hamid

9.       Sejak tahun 2004 s.d 2005 dipimpin oleh dr. Dian Hayati

10.   Sejak tahun 2005 s.d 2009 dipimpin oleh dr. Nur Komariah, AS.MARS

11.   Sejak juli 2009 s.d 2012 dipimpin oleh dr. Fade Fatimah

12.   Sejak Oktober 2012 s.d sekarang dipimpin oleh drg. Lizanna Farianty


1. Visi : terwujudnya puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan yang terbaik.

2. Misi :  1.  Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan disiplin kerja.

2.  meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana.

3.  meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

4.  menigkatkan partisipasi masyarakat.

5.  meningkatkan klesejahteraan karyawan.

3. Motto: “Tubuh Sehat Hati Bahagia”

Demografi Puskesmas Padang Selasa

  1. Lokasi Puskesmas Padang Selasa

Puskesmas ini terletak di Jalan Padang Selasa Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Puskesmas ini mempunyai letak yang strategis karena berada di pinggir jalan, dekat dengan pasar dan kantor camat Ilir Barat I sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan.

Puskesmas Padang Selasa mempunyai wilayah kerja sebanyak 2 kelurahan yaitu :

                                                              i.      Kelurahan Bukit Lama Palembang

                                                            ii.      Kelurahan Bukit Baru Palembang

Puskesmas Padang Selasa berbatasan dengan :

Sebelah Utara berbatasan dengan    :  Kecamatan Ilir Barat II

Sebelah Timur berbatasan dengan   :  Lorok Pakjo

Sebelah Selatan berbatasan dengan :  Musi Landas

Sebelah Barat berbatasan dengan    :  Kecamatan Gandus

Berikut ini adalah data demografi Puskesmas Padang Selasa :

·         Luas Wilayah                :       Kelurahan Bukit Lama 6,7 Km2

    Kelurahan Bukit Baru 6,60 Km2

Fasilitas Pelayanan Kesehatan
1.      Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA/KB)
a.       Ibu hamil (bumil), ibu bersalin (bulin), ibu nifas (bufas), ibu menyusui (busui)
b.      KB melayani IUD, Implant, Pil, Suntikan dan Kondom
c.       Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja
2.      Pelayanan Pengobatan
a.       Pengobatan umum
b.      Pengobatan gigi
c.       Rujukan
3.      Penyuluhan Kesehatan
a.       Penyuluhan di puskesmas
b.      Penyuluhan di posyandu
c.       Penyuluhan di SD/SLTP
d.      Penyuluhan di kelurahan
4.      Pelayanan Laboratorium
a.       Pemeriksaan HB
b.      Pemeriksaan Trombosit
c.       Tes Kehamilan
d.      Pemeriksaan protein urin
e.       Pemeriksaan golongan darah
f.        Pemeriksaan dahak BTA
5.      Gilingan Mas
a.       Gizi
1)      Pemberian Vit. A dan garam beryodium
2)      Uji klinik garam beryodium
3)      Konsultasi balita BGM dan Obesitas
b.      Pelayanan Imunisasi (setiap hari kamis)
1)      BCG
2)      Polio
3)      DPT, HB, HIB (pentavalent)
4)      Hepatitis B
5)      Campak
6)      TT calon pengantin dan TT Bumil
7)      Anti Tetanus Serum
c.       Pelayanan Sanitasi
1)      Memberikan konsultasi/ penyuluhan penyakit akibat faktor lingkungan
2)      Memberikan konsultasi tentang rumah sakit, jamban, sarana air bersih, pemberantasan sarang nyamuk (PSN).
6.      Klinik IMS
Klinik ini dimulai pada tahun 2009 bekerjasama dengan global Fun (GF). Puskesmas 23 Ilir ini mempunyai wilayah kerja yang merupakan daerah rawan untuk kasus IMS, Wilayah kerja puskesmas 23 Ilir penduduknya sangat dinamis dan merupakan daerah transit (khusus rusun).
Program IMS melayani:
a.       Kegiatan Kespro
b.      P2 Kelamin
c.       Penyuluhan
d.      Sero survey (Kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota)
7.      Lain-lain
a.       Pelayanan pengobatan TBC dengan paket DOTS (FDC)
b.      Pelayanan Pengobatan Kusta
c.       Pelayanan kesehatan lansia 1 bulan sekali
d.      Usaha kesehatan sekolah screening murid kelas 1 SD, SMP
e.       Pelaksanaa BIAS dilakukan 1 tahun sekali pada masa murid kelas 1,2 dan kelas 3 SD.
I.     Protap Pelayanan Poli Gigi
1.      Tujuan
a.       Untuk memperlancar pelayanan kesehatan gigi
b.      Untuk mempermudah petugas memberikan pelayanan kesehatan gigi
2.      Kebijaksanaan
a.       Meja tulis, kursi, lemari instrument / obat, wastafel, standar, waskom, tempat sampah, kipas angin handuk, sabun dan sunclin
b.      ATK, buku register, pena, pensil, mistar dan poster
c.       Alat medis, dental chair unit 1 set, Waskom, instrument gigi dan sterilisator
3.      Prosedur Tahap Pelayanan
a.       Petugas memanggil pasien berdasarkan nomor pendaftaran
b.      Pasien disuruh duduk dan dianamnesis
c.       Dilakukan pemeriksaan klinis terhadap pasien di kursi gigi
d.      Petugas menetapkan diagnose berdasarkan anamnesis dan hasil pemeriksaan klinis
e.       Menentukan rencana perawatan
1)      Untuk pencabutan lihat protap pencabutan
2)      Untuk penambalan lihat protap penambalan
3)      Untuk scaling lihat protap scaling
4)      Untuk perawatan jaringan periodontal lihat protap perawatan jaringan periodontal
f.        Pasien diberi informasi biaya perawatan untuk setiap jenis perawatan tindakan
g.      Bila setuju pasien membayar biaya tindakan di loket pendaftaran
h.      Setelah dilakukan perawatan tindakan berikan penjelasan mengenai tindakan yang telah dilakukan dan resep serta penjelasan kapan harus control ulang
i.        Pasien disuruh menyerahkan resep ke apotik
j.        Petugas mengisi buku kegiatan harian dan mengembalikan kartu ke loket
k.      Protap dapat berubah sesuai situasi kondisi 
 
Dokumentasi Kegiatan PKL di Puskesmas Padang Selasa

                   


0 komentar:

Posting Komentar

MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA MASA PANDEMI COVID-19

         Di masa pandemi seperti sekarang, menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari virus adalah prioritas utama. Selain wajib menggunak...